twitter
rss

Cobalah selesaikan kasus-kasus berikut ini dengan sikap asertif!

Apa pendapatmu tentang : Pacaran dahulu baru nikah atau nikah dulu baru pacaran?
Cobalah anda tunjukkan cara meminjam uang kepada teman anda?
Teman anda tidak lulus dalam ujian nasional, bagaimana cara adan menyampaikan hal tersebut kepadanya?
Sampaikan kepada guru anda bahwa anda tidak mengerjakan PR? (ungkapkan bahasa yang anda gunakan, serta sikap dan tingkah yang berkenaan dengan hal tersebut)
Apa yang akan kamu lakukan untuk membahagiakan kedua orang tua mu nanti?
Anda tidak lulus ujian, apa yang akan anda sampaikan kepada orang tua, keluarga dan tetangga anda dan apa yang akan anda lakukan?
Tindakan apa yang mesti anda lakukan untuk sukses sedangkan anda dalam kondisi buta?
===
Anda seorang suami. Punya seorang Isteri dengan tujuh orang anak. Anak anda yang pertama berusia sepuluh tahun. Saat ini anda tidak mempunyai pekerjaan. Anak-anak anda memerlukan biaya pendidikan dan kehidupan. Tiba-tiba anda mengalami kecelakaan yang mengakibatkan anda lumpuh tak mampu berjalan. Apa yang akan anda lakukan dengan kondisi seperti ini?
===
Tanpa diduga Allah menguji anda dengan terbakarnya rumah anda satu-satunya, apa yang mesti anda lakukan? Dan coba ungkapkan perasaan anda?
===
Indonesia Negara kaya. Namun rakyatnya miskin. Yang kaya hanya para penguasa. Banyak kekayaan Negara yang dikorupsi. Sampaikan pendapat anda dengan bebas dalam mengungkapkan pendapat anda tanpa perasaan takut dan malu!
===
Teman anda hamil sebelum menikah dan ia masih status siswa smk bina putra. Bagaimana perasaan anda? Perlukah anda sampaikan kondisi ini kepada pihak sekolah? Apa akibat yang timbul bila anda tidak menyampaikan ke sekolah dan bila anda sampaikan ke sekolah?
===
Tanpa sengaja, anda melihat suami kakak perempuan (empo) anda selingkuh dengan wanita lain. Bagaimana sikap anda? Perasaan apa yang timbul di hati anda? Tindakan apa yang anda akan lakukan? Apakah anda sampaikan kepada kakak anda atau anda membiarkannya?

0 komentar:

Posting Komentar