twitter
rss

Kepribadian adalah :
1. “sesuatu” yang terdapat dalam diri individu yang membimbing dan memberi arah kepada seluruh tingkah laku individu yang bersangkutan.
2. Suatu organisasi yang dinamis dari sistem psikofisik individu yang menentukan tingkah laku dan pikiran individu secara khas.
3. Disebut khas karena setiap individu memiliki kepribadian sendiri. Tidak ada dua orang yang berkepribadian sama, karena itu tidak ada dua orang yang berperilaku sama.

Faktor-faktor yang membentuk kepribadian :
1. Kepribadian terbentuk karena proses keterlibatan individu dengan pengaruh internal dan eksternal. Yaitu : faktor-faktor genetis/biologis, pengalaman-pengalaman sosial, dan pengaruh lingkungan. Dengan kata lain dipengaruhi faktor bawaan dan lingkungan.
2. Kepribadian terbentuk oleh faktor-faktor:
a. Internal yang lebih menunjuk kepada faktor bawaan
b. Eksternal, meliputi pengaruh lingkungan baik sosial maupun non sosial.

Tipe-Tipe Kepribadian :
Menurut Hipocrates:
1. Kepribadian Sanguinis
Memiliki ciri-ciri : ekstrovert, optimis, periang dan penuh semangat, penuh rasa ingin tahu, memiliki rasa humor yang tinggi, ditambah dengan antusiasme dan sikap ekspresif, mereka selalu menjadi bintang dalam setiap pertemuan. Memiliki kebutuhan mendasar akan pengakuan dan penghargaan.
2. Kepribadian Melankolis
Memiliki ciri-ciri : introvert, pemikir, pesimis mendalam dan penuh pikiran yang analitis, serius dan tekun, cenderung jenius, berbakat dan kreatif, sangat teliti, hati-hati dan suka curiga, taat aturan, sangat konsisten dengan perasaan yang halus. Kebutuhan mendasar berupa jawaban yang bermutu dan didukung data yang lengkap dan akurat.
3. Kepribadian Keloris
Ciri-cirinya : estrovert, keras, tegas, tidak emosional bertindak, tidak mudah patah semangat, bebas dan mandiri, memancarkan keyakinan dan bisa menjalankan apa saja, berbakat menjadi pemimpin, sangat dinamis, aktif, dan membutuhkan perubahan. Kebutuhan dasarnya berupa tantangan, pilihan dan pengendalian.
4. Kepribadian Phlegmatis
Ciri-ciri : introvert, mudah bergaul dan santai, diam tenang, sabar, pemalu, hidup konsisten, tenang tapi cerdas, simpatik dan rendah hati, menyembunyikan emosi, bahagia menerima kehidupan, tidak suka konflik dan pertentangan, sulit mengatakan “tidak”, sangat sentimental dan suka hal yang sama “status quo”. Kebutuhan dasarnya : pengharagaan dan penerimaan.
Kepribadian yang matang :
Kematangan kepribadian menggambarkan kedewasaan seseorang. Ciri-cirinya :
1. Mampu menerima diri sendiri apa adanya. Menerima kekurangan dan kelebihan diri secara positif.
2. Memiliki pegangan hidup yang kuat. Agama adalah pegangan hidup yang kokoh.
3. Mampu menjalin hubungan dengan orang lain dengan rasa aman. Dapat diterima dan menerima orang lain tanpa hambatan yang berarti. Dapat segera menyesuaikan diri tanpa ikut arus.
4. Mempunyai perencanaan masa depan. Tidak berpikir sempit.

0 komentar:

Posting Komentar